Tuesday, May 7, 2013

Tutorial Membuat Web dengan Codeigniter


Codeigniter – Membangun sebuah website akan lebih mudah jika menggunakan framework, karena di dalamnya tersedia standard dalam melakukan koding dan menggunakan fungsi-fungsi tertentu.
Codeigniter adalah salah satu framework yang paling banyak digunakan untuk mengembangkan sebuah website. Menurut pengalaman saya, mengembangkan website dengan Codeigniter memang jauh lebih mudah ketimbang harus melakukan koding dari awal. Ditambah lagi, Codeigniter termasuk salah satu framework yang mudah dipelajari.

Tutorial Membuat Web dengan Codeigniter

Berikut ini adalah kumpulan tutorial untuk membuat web dengan codeigniter. Tutorial ini ditulis per bagian sesuai fokus dari fungsi yang akan dibuat.

Membuat AplikasiWeb dengan CodeIgniter

Simatik adalah aplikasi web yang saya buat dengan menggunakan Codeigniter. Aplikasi tersebut sebenarnya adalah tugas kuliah yang saya buat berupa sistem informasi sekolah. Di dalam nya terdapat beberapa fungsi standar dari sebuah website sekolah seperti:

  1. Pengelolaan pengumuman dan berita
  2. Pengelolaan user (siswa)
  3. Pengelolaan kelas (sederhana)
  4. Pengelolaan level user (Guru – Admin – Siswa)
  5. Pengelolaan profil user
  6. Pengelolaan repository atau penyimpanan data
membuat web dengan codeigniter
Halaman Admin
Dari sisi desain atau tampilan, web tersebut memiliki tampilan yang standar dan terlihat sangat biasa-biasa saja. Namun, tampilan di sini bukanlah hal yang utama, karena tujuan utama dari pembuatan web ini adalah agar fungsi-fungsi yang diharapkan dapat berjalan dengan baik terlebih dahulu.
Anda dapat mencoba masuk, hanya saja untuk halaman admin sengaja tidak saya berikan akses demi keamanan aplikasi tersebut. Gambar di atas adalah Halaman Admin Website Menggunakan CodeIgiter (Screenshot)
Untuk login anda dapat menggunakan:
username: user
password: user

2 comments:

  1. very useful and broaden,, thanks for the information ...

    http://goo.gl/WkPZ2C

    ReplyDelete
  2. sangat membantu.
    jangan lupa juga untuk kunjungi www.smartkiosku.com
    Terima Kasih.

    ReplyDelete